Cepat Tepat dan Akurat




Friday, June 30, 2023

Gempa Magnitudo 6,4 Mengguncang Yogyakarta, Getarannya Sampai ke Mojokerto

Gempa Yogyakarta

Yogyakarta,PWO-Jumat (30/6/2023), gempa dengan kekuatan dahsyat Magnitudo 6,4 melanda daerah Bantul dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa ini terjadi sekitar  pukul 19.57 WIB, membuat dunia terasa seperti tertiup angin kencang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan sigap melaporkan bahwa pusat gempa berada 94 kilometer di barat daya Bantul, DIY. Tak hanya itu, gempa ini menjulur hingga kedalaman 12 kilometer di bawah permukaan laut, sungguh luar biasa!

Dalam cuitan resmi mereka di Twitter, akun @infoBMKG mengungkapkan, "#Gempa Mag:6.4, 30-Jun-2023 19:57:41WIB, Lok:8.70LS, 110.06BT (94 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:12 Km #BMKG."tulis akun @infoBMKG

Namun, walaupun getarannya menghentak dengan dahsyat, BMKG dengan tegas menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. 

Meskipun begitu, masyarakat yang berada di sekitar Yogya dan Bantul diminta tetap waspada terhadap kemungkinan adanya gempa susulan yang bisa saja datang kapan saja.

Selain itu, getaran gempa ini juga terasa di beberapa daerah lainnya. Menurut BMKG, "Gempa juga dirasakan di V Kulonprogo, IV Nganjuk, IV Kebumen, IV Ponorogo, III - IV Kediri, III Mojokerto." 

Namun, hingga saat ini masih belum diketahui apakah gempa ini telah menyebabkan kerusakan yang signifikan di daerah Bantul dan Yogyakarta. 

Belum ada laporan terbaru yang memberikan informasi tentang perkembangan gempa ini. Kita berharap semoga tidak ada kerusakan yang parah, dan semoga semua orang tetap aman.

Akun Twitter @infoBMKG menulis pesan yang sangat penting untuk kita semua, "Disclaimer: Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data." Mari kita bersabar dan tetap mengikuti perkembangan informasi dengan penuh kesabaran.

Satu hal yang pasti, semoga bencana ini segera berlalu dan semua orang bisa hidup dalam kedamaian dan keamanan. Kita harus saling mendukung dan menjaga satu sama lain di saat-saat sulit seperti ini. (*)

Share:

Comments



Blog Archive