Cepat Tepat dan Akurat




Wednesday, May 24, 2023

DPR Soroti Program Subsidi Mobil Listrik Jokowi


portalwacanaonline.com - Sidang Paripurna DPR RI yang digelar hari ini, Selasa (23/5/2023) "dibanjiri" hujan kritik para anggota DPR  atas program pemberian subsidi kendaraan listrik yang dibuat oleh Presiden Joko Widodo 


Para anggota dewan menilai program subsidi secara besar-besaran untuk kendaraan listrik tidak tepat.  Pemerintah diminta untuk memberikan subsidi yang langsung bermanfaat kepada rakyat.


"Anggota dewan meminta, pemerintah lebih fokus membangun pemerataan ekonomi, menanggulangi kemiskinan, serta memperkuat sektor pertanian, perikanan, dan pangan dibanding menggelontorkan subsidi untuk kendaraan listrik ataupun subsidi tambang," kata Fauzi Amro,anggota Fraksi Partai Nasdem dikutip dari suara.com


Menurut data, kata Fauzi, anggaran subsidi pupuk dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. "Dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang, subsidi pupuk berkurang hampir mencapai 10 Triliun,"ujarnya.


Pemberian subsidi kendaraan listrik ini seperti menyayat hati para petani karena saat ini mereka menjerit kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.


Apalagi jika melihat data yang ia miliki dimana anggaran subsidi pupuk terus mengalami penurunan. Secara rinci dia mengatakan pada 2019 anggaran subsidi pupuk diberikan sebesar Rp34,3 triliun dan turun menjadi Rp31 triliun di 2020. Kemudian pada 2021 turun lagi menjadi Rp29,1 triliun, 2022 menjadi Rp25,3 triliun dan pada 2023 hanya tinggal Rp24 triliun. (*)


Share:

Comments



Blog Archive