Cepat Tepat dan Akurat




Tuesday, May 30, 2023

Kejarlah Akhirat, Maka Allah Permudah Urusan Dunia

Dunia



Oleh, Ust.Ahmad Yusuf 

AQM Umroh dan hajiplus


“Kejarlah akhirat, maka dunia akan mengikutimu.” Beberapa dari kita pasti sudah akrab dengan kalimat itu. 


Hal tersebut memang benar adanya. Jika seorang Muslim mengejar atau mendahulukan urusan akhirat, maka Allah akan permudah atau menambah nikmat dunianya sebagaimana firman-Nya:

“Barang siapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barang siapa menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.” (Q.S. asy-Syura: 20).


*Akhirat dan Urusan Dunia*


Firman Allah di atas menegaskan bahwa urusan akhirat akan lebih bermanfaat bagi kita, baik untuk urusan akhirat itu sendiri maupun urusan dunia sekaligus. 


Sebenarnya kita sendiri mengetahui bahwa kehidupan akhirat adalah kehidupan kekal yang akan kita alami kelak. Berbeda dengan kehidupan dunia yang hanya sementara, tetapi kerap membuat akal pikiran kita terbuai oleh keindahannya.


Lebih banyak lagi dibahas dalam Tafsir Ibnu Katsir mengenai Q.S. asy-Syura ayat 20 ini bahwa, “Barang siapa yang beramal untuk akhirat, Kami akan menguatkannya dan menolongnya untuk melakukan apa yang menjadi tujuan niatnya, maka Kami akan mengembangkan keuntungannya dan membalasnya dengan pahala satu kebaikan dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat, hingga kelipatan yang dikehendaki oleh Allah.”

Share:

Comments



Blog Archive