Cepat Tepat dan Akurat




Sunday, July 2, 2023

Kolestrol Naik? Intip 5 Minuman Andalan Cegah Kolestrol Melonjak berikut Ini

 

Minuman Pencegah Kolestrol
portalwacanaonline.com-Saat momen Idul Adha, melahap daging menjadi urusan yang susah ditolak.

Namun, bagi mereka yang terhimpit oleh kolestrol tinggi, mengonsumsi daging menjadi keprihatinan serius.

Soalnya, makan daging secara berlebihan dapat membuat Low-density lipoprotein (LDL), atau yang akrab disapa kolestrol jahat, merajalela dalam tubuh.

Nah, supaya risiko kolestrol tinggi bisa dijauhi, berikut segelintir minuman keren yang mampu menjadi penangkal kolestrol tinggi di rumah.


1.Jus Tomat
Si segar dan sehat Jus Tomat bisa jadi sahabat andalan cegah kolestrol tinggi. Jus tomat membawa serat alami dan likopen yang berguna menghambat serapan serta oksidasi kolestrol jahat (LDL) di dalam tubuh.

2.Air Kelapa
Selain Jus Tomat, Air kelapa jadi salah satu penyelamat dalam menjaga kolestrol tinggi. Berdasarkan penelitian National Center for Biotechnology Information (NCBI) 2016, air kelapa mengandung lemak sehat alami seperti lemak tak jenuh yang bekerja menggenjot kadar kolestrol baik alias High-density lipoprotein (HDL) dalam tubuh.

Selain itu, air kelapa juga kaya serat diet yang berlaku menjaga agar kolestrol jahat alias LDL tak naik di dalam tubuh.

3.Jus Delima
Buah delima mengandung punicalagin, zat antioksidan perkasa. Kandungan ini berguna menjaga kolestrol jahat (LDL) dari oksidasi yang berbahaya.

Minuman Pencegah Kolestrol

Tahu kan, bila LDL teroksidasi, kemungkinan terbentuknya plak di pembuluh darah akan meningkat dan berujung pada risiko penyakit jantung (Aviram, 2000).

Maka dari itu, jus delima yang mengandung antioksidan melimpah bisa dijadikan senjata cegah LDL teroksidasi.

4.Teh Jahe
Penelitian dari National Library of Medicine mengatakan teh jahe bisa meredam kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kolestrol baik (HDL).

Teh jahe juga punya efek antiinflamasi yang bermanfaat dalam mencegah peradangan serta pembentukan plak.

5.Susu Kedelai
Tahukah Anda, rutin minum segelas susu kedelai per hari dapat menurunkan kolestrol hingga 4 hingga 5 persen.

Selain enak, susu kedelai juga menyimpan banyak manfaat. Minum susu kedelai secara teratur bisa jadi benteng cegah naiknya kadar kolestrol dalam tubuh.

Itulah sebagian minuman yang bisa disiapkan di rumah untuk menjaga kolestrol tetap aman setelah makan enak daging olahan saat Idul Adha (*/net)

Share:

Comments



Blog Archive