Cepat Tepat dan Akurat




Monday, September 25, 2023

Hj Ratna Macmud Dampingi Gubernur Sumsel Resmikan Insfrastruktur Jalan Perbatasan Mura-Pali


MUSIRAWAS,PWO-Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H Herman Deru bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Rudi Irawan,serta Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Ari Narsah melaksanakan Kunjungan Kerja (Kungker) di Kantor Camat BTS Ulu Cecar Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Mura, Senin (25/9/2023).


Diketahui, kunjungan kerja tersebut dalam rangka peresmian pembangunan Infrastruktur akses jalan.


Kedatangan orang nomor satu di Sumatera Selatan beserta rombongan itu menggunakan hellicopter.


Saat mendarat di Lapangan Bola Kaki BTS Ulu Cecar berkisar pukul 10:00 Wib, Gubernur dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Mura Hj Ratna Machmud yang didampingi Kapolres Mura,Dandim 0406 MLM,Kejari Lubuklinggau hingga Kepala OPD Musirawas.


Gubernur Provinsi Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemprov Sumsel, mengucapkan selamat atas telah dibangunnya ruas jalan dari Simpang Semambang menujuh Sp 9 BTS Ulu Cecar hingga Simpang Kulim perbatasan Kabupaten Pali dengan Kabupaten Mura.


Peresmian insfrastruktur jalan ini, Kata Herman Deru, bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Sumsel melalui anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berdasarkan wewenang Pemprov Sumsel maupun dana bantuan keuangan bersifat khusus untuk Kabupaten Musirawas


Sejalan dengan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel "Maju Untuk Semua" khususnya maju insfratruktur dan konektivitas yang menjadi perhatian supaya dituntaskan melalui pendanaan APBD Pemprov Sumsel.


Pada tahun 2023 ini,telah dilaksanakan pembangunan insfratruktur jalan, seperti peningkatan jalan dan pembangunan gedung di wilayah Kabupaten Mura.


Khususnya bangunan insfrastruktur jalan yang dialokasikan melalui dana belanja bantuan keuangan bersifat khusus kepada Pemkab Mura pada tahun anggaran 2023 sebesar Rp.85.000.000.000;.


Kemudian selain sektor jalan dan jembatan total APBD Pemprov Sumsel yang dialokasikan melalui OPD sesuai kewenangan provinsi,maupun belanja bantuan keuangan bersifat khusus kepada Pemkab Mura pada tahun 2019 hingga 2023 sebesar Rp.565.034.706.680.74;.

Yang terdiri dari 376.594.706.680.74; anggaran belanja OPD sesuai kewenangan provinsi,tahun anggaran 2019 hingga tahun 2023,dan melalui belanja bantuan keuangan bersifat khusus di tahun 2019 sampai 2023 berjumlah Rp.188.440.000.000.00;.


Sementara itu pada tahun anggaran 2023 untuk pembangunan insfrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Mura sebesar Rp.247.781.054.200.00;. 


Selanjutnya bantuan keuangan bersifat khusus kepada Pemkab Mura sebesar Rp.70.000.000.00.00;.


Semua itu dilakukan sebagai upaya Pemprov Sumsel dalam rangka pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan.


"Untuk itu diharapkan dana-dana yang sudah disalurkan ke Pemkab Mura tersebut,agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna kesejahteraan masyarakat,"kata Deru.


Dikatakan, pembangunan ruas jalan Simpang Semambang menujuh Sp 9 BTS Ulu Cecar hingga Simpang Kulim perbatasan Kabupaten Pali itu menggunakan anggaran dana APBD tahun 2021 hingga 2023 sebesar Rp.391.069.163.209.30; yang dialokasikan untuk pembangunan akses jalan penghubung antara Kabupaten Mura dengan Kabupaten Pali.


Sedangkan fungsional jalan simpang semambang menujuh Sp 9 BTS Ulu Cecar hingga Simpang Kulim perbatasan Kabupaten Pali itu, sepanjang 76,50 KM, sementara di tahun 2023 ini telah dikerjakan pengerasan ringgit beton maupun aspal sepanjang 17,13 KM dengan menelan anggaran sebesar Rp.168.789.838.400;.


"Semoga dengan diresmikan pembangunan insfratruktur ruas jalan simpang semambang menujuh Sp 9 BTS Ulu Cecar hingga Simpang Kulim perbatasan Kabupaten Pali ini agar aktivitas sosial sehari-hari dapat berjalan dengan lancar guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah sekitarnya",harapnya


Bupati Musirawas, Hj Ratna Machmud menyampaikan, hal ini merupakan hari yang begitu bersejarah,karena hari ini Bapak Gubernur Sumsel H Herman Deru secara langsung  Kungker di Kecamatan BTS Ulu Cecar dalam Rangka Peresmian Infrastruktur jalan.


"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kecintaan gubernur Sumsel kepada masyarakat Kabupaten Mura",kata Hj Ratna Machmud


Ruas jalan yang sudah diresmikan oleh Gubernur Sumsel hari ini,dari simpang semambang hingga simpang 9 Bangun Jaya Kabupaten Mura,karena akses jalan tersebut sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel) Dengan nomer :129/KPTS/DIS.PUBMTR/2023 tanggal 17 Januari 2023.


"Maka dari itu atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah Pemda Kabupaten Mura kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bapak Gubernur Sumsel H Herman Deru,yang sudah meresmikan akses jalan penghubung antara Kabupaten Mura dengan Kabupaten Pali di BTS Ulu Cecar,"cetus Bupati.


Hj Ratna Machmud menuturkan terlaksanya kegiatan pembangunan insfratruktur di Kabupaten Mura ini, merupakan berkat upaya bapak Gubernur Sumsel H Herman Deru.


Sehingga kita semua khususnya diwilayah Kabupaten Mura dapat menikmati insfrastruktur yang mulus,sehingga dapat digunakan oleh seluruh elemen masyarakat.


Dengan demikian kedepan nanti sudah kewajiban kita bersama untuk menjaga insfrastruktur jalan yang sudah dibangun agar tidak cepat rusak.


Atas terlaksananya kegiatan peresmian akses jalan penghubung antara Kabupaten Mura dan Kabupaten Pali ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.


Oleh sebab itu diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat supaya tetap selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Mura.


"Agar pembangunan di kabupaten Mura khususnya semakin meningkat lagi di tahun-tahun yang akan datang,guna mewujudkan Mura yang Maju Mandiri serta Bermartabat (Mantab),"tutur Bupati.


Dia menjelaskan jalan ini merupakan insfrastruktur dasar,dimana roda ekonomi dapat bergerak dan berkembang pesat jika akses jalannya mulus secara merata.


Selain itu peningkatan ekonomi lokal dapat mewujudkan usaha-usaha baru, yang menggerakan ekonomi masyarakat supaya tumbuh dan berkembang.


"Setelah diresmikan akses jalan ini, masyarakat dapat menggerakkan ekonomi lokal,dan menatap masa depan yang lebih baik serta anak-anak kita bisah tersenyum ceria hingga bermimpi menjadi orang-orang hebat yang berguna bagi nusa maupun bangsa hingga agama,"jelas Bupati.(ica)



Share:

Comments



Blog Archive