Cepat Tepat dan Akurat




Monday, October 30, 2023

Advokasi Pemerintah Daerah Dalam Transformasi Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan


Musirawas,PWO-Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud membuka acara Advokasi Pemerintah Daerah Dalam Transformasi Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan di SMPN Karya Sakti Kecamatan Muara Kelingi, Senin (30/10/2023).


Dalam sambutannya, Hj Ratna Machmud mengatakan, secara umum tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memperkuat implementasi kebijakan merdeka belajar yang selama ini sudah dilaksanakan bersama-sama dengan baik serta memastikan kesinambungan serta mempererat silaturahmi. 


Menurut Bupati, secara nasional program merdeka belajar setidaknya memiliki lima prioritas yakni sekolah  penggerak, guru penggerak, kurikulum merdeka, perencanaan berbasis data dan transisi dari PAUD ke SD.


Perlu kita ketahui, demikian Hj Ratna Machmud, di Kabupaten Musi Rawas terdapat 683 satuan pendidikan negeri dan swasta, yang terdiri dari 295 satuan pendidikan jenjang PAUD, 318 satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar dan 70 satuan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama. 


Sedangkan untuk jumlah peserta didik berjumlah 66.356 siswa dengan jumlah peserta didik PAUD 7.863 siswa, 42.134 siswa pada jenjang SD dan 16.179 siswa pada jenjang SMP.


Dikatakan, Pemerintah Kabupten Musi Rawas telah berupaya untuk memenuhi pelayanan di bidang pendidikan, hal tersebut bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar peserta didik sesuai dengan jenjang dan jalur pendidikan.

Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas telah melaksanakan program:Pemberian perlengkapan dasar peserta didik pendidikan anak usia dini berupa buku gambar dan alat mewarnai sebanyak 517 set dan pemberian perlengkapan dasar peserta didik berupa seragam gratis.


Pemerintah Kabupaten Musi Rawas telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp. 11.607.000.000. yang dibagikan ke jenjang SD sebanyak 19.572 stel.


Pemberian perlengkapan dasar peserta didik berupa seragam gratis bagi peserta didik jenjang SMP sebanyak 19.118 stel.


Pemberian bantuan operasional bagi guru jenjang PAUD ditahun 2023 ini sebesar Rp. 2.255.000.000.

Rehabilitasi ruang kelas, wc sekolah dan pembangunan ruang kelas baru sebesar Rp. 3.294.450.000. Bantuan pengadaan mobiler (kursi dan meja siswa) sebesar Rp.5.501.370.000.


Untuk pembangunan dibidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas telah mendapatkan kucuran dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 11.650.187.200.


"Pengalokasian anggaran yang cukup besar itu adalah suatu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Rawas peduli pada dunia pendidikan karena pendidikan adalah aspek terpenting dalam kemajuan daerah",ujar Hj Ratna Machmud


Oleh karena itu, kata Bupati, kami selalu berupaya yang terbaik untuk memajukan dunia pendidikan, dengan harapan agar generasi penerusbangsa di Kabupaten Musi Rawas dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta dapat menggapai apa yang di cita-citakan,yang nantinya dapat mewujudkan musi rawas yang Maju, Mandiri, Bermartabat (MANTAB).


"Tanggung jawab pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga tanggung jawab bersama. Oleh karena itu,kami juga mengajak kepada para hadirin sekalian untuk bersama-sama mendidik anak-anak kita sehingga nantinya dapat menjadi generasi penerus bangsa ini",pintanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati memberikan Piagam hafizh quran, memberikan bantuan secara simbolis mobiler dan seragam sekolah gratis.


Terpisah, kepala Sekolah SMPN Karya Sakti Kecamatan Muara Kelingi, Ferra Martha, SP.d sangat mengapresiasi kehadiran orang nomor satu di Musirawas itu.  


Ferra mengutarakan, jumlah siswa/siswi SMPN Karya Sakti 380 orang,  11 guru ASN, 1 PPPK. 


"Alhamdulillah, SMPN Karya Sakti sudah Terakreditasi A, Pelaksana Sekolah Penggerak. Semua itu tidak lepas dari dukungan dan bantuan Bupati dalam hal ini Pemkab Musirawas",tutup Ferra Martha. (ica/adv)

Share:

Comments



Blog Archive