Cepat Tepat dan Akurat




Wednesday, October 18, 2023

Pemkab Mura Dorong Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik Melalui e-Catalog Lokal


Musirawas,PWO-Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud diwakili Sekda Kabupaten Musi Rawas H. Aidil Rusman membuka Kegiatan Sosialisasi Pengadaan Barang/Jasa tentang Cataloge Lokal dan e-Kontrak di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, bertempat di Ballroom Hotel Dewinda Lubuklinggau, Rabu (18/10/2023)


Kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Musi Rawas dalam melakukan perbaikan pengelolaan uang negara agar lebih efesien dan efektif. 


Salah satu perwujudannya adalah dengan pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik, yaitu pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 


e-cataloge adalah sebuah tempat penyimpanan elektronik informasi tentang barang, produk ataupun jasa. e-cataloge berperan penting karena berisikan daftar item, spesifikasi dan harga yang menjadi rujukan dalam komparasi berbagai produk sejenis. 


Sekda menyampaikan, melalui e-cataloge, pengguna jasa dapat memastikan bahwa penawaran yang disampaikan oleh vendor telah memenuhi atau tidak sesuai dengan standar/spesifikasi yang ditetapkan dan dibutuhkan oleh instansi terkait. 


Oleh sebab itu, dengan sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong para pelaku usaha kecil dan mikro untuk mendaftarkan usahanya dalam e-cataloge lokal Kabupaten Musi Rawas. Untuk ke depannya, belanja pengadaan barang/jasa akan dilakukan secara elektronik. 


"Ke depan, kita akan mendorong dan mengharuskan OPD untuk melakukan transaksi belanja pengadaan barang/jasa secara elektronik melalui e-cataloge lokal", kata Sekda Kabupaten Musi Rawas H. Aidil Rusman. 


Pemkab Musi Rawas akan melakukan monitoring dan secara berkala melaporkan proses e-cataloge lokal, seperti seberapa banyak produk yang ditampilkan dan jumlah transaksi melalui e-cataloge lokal. (rls)

Share:

Comments



Blog Archive