Cepat Tepat dan Akurat




Thursday, April 25, 2024

Hj Ratna Machmud Resmikan Gedung Kantor Koperasi Produsen Martiban


Musirawas,PWO - Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud menghadiri acara Peresmian Gedung Kantor Koperasi Produsen Martiban dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023, di Kantor Koperasi Podusen Martiban, Jalan PT Gunung Sawit Selatan Lestari Desa Muara Kati Baru I Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut, Kabupaten Musi Rawas, Kamis (25/04/2024). 


Pada momen itu, Bupati Musi Rawas secara langsung meresmikan Gedung Kantor Koperasi Produsen Martiban dan memberikan Bantuan berupa sembako kepada masyarakat di sekitar desa Muara Kati Baru I Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut.


Hadir mendampingi Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, PA PT GSSL, Vikky, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat TPK, Kades serta Ketua dan Pengurus Koperasi Produsen Martiban.


Dalam Sambutannya, Bupati Musi Rawas mengucapkan selamat atas diresmikannya Gedung Kantor Koperasi Produsen Martiban dan menyambut baik dilaksanakannya Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023.


Koperasi yang berperan dalam mensejahterakan rakyat adalah koperasi yang sehat, memenuhi syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku. Salah satu syarat koperasi dikategorikan sehat adalah koperasi yang selalu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan setiap tahun dan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Saya yakin dengan adanya gedung kantor koperasi yang baru ini, akan banyak keberhasilan yang diraih oleh Koperasi Produsen Martiban, juga banyak hal yang dapat dilakukan dalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan kualitas koperasi sekaligus dapat dijadikan percontohan bagi koperasi lain yang ada di Kabupaten Musi Rawas, “terang Bupati.


"Saya harapkan kepada pengurus dan  anggota koperasi agar tidak cepat berpuas diri, karena masih terbentang harapan dan tantangan yang akan dihadapi dalam rangka meningkatkan perekonomian di Kabupaten Musi Rawas melalui jasa usaha perkoperasian, "tambah Bupati.


Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud juga menyampaikan 9 program Musi Rawas MANTAB yang sudah terealisasikan, antara lain jalan mulus hingga kedesa, sekolah gratis, seragam sekolah gratis, berobat gratis, bantuan pondok pesantren/tempat ibadah, mendirikan rumah Tahfidz Al-Qur’an, santunan kematian, bantuan mobil ambulance setiap desa dan bantuan alat berat. 

Tak lupa, Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat yang ber-KTP Musi Rawas dapat berobat secara gratis dengan cukup membawa KTP ke pelayanan kesehatan pemerintah daerah.


Senior Manager PT GSSL Ir H Syarifuddin Munthe, MP, mengatakan, gedung koperasi ini merupakan wadah atau tempat berkumpulnya ketua, pengurus serta para petani plasma yang bermitra dengan PT GSSL. 


"Gedung ini dibangun dengan menggunakan dana CSR dari PT GSSL. Sehingga, dengan dibangunnya fasilitas ini dapat memberikan  manfaat yang besar bagi petani plasma dan masyarakat sekitar Mura umumnya dan Kecamatan TPK khususnya,"ujarnya.


PT GSSL, demikian Munthe, telah membangun kebun plasma secara bertahap. Tahap pertama seluas 437,07 hektar dengan jumlah peserta 161 anggota. Sedangkan tahap kedua dibangun kembali kebun plasma seluas 129,73 hektar dengan jumlah peserta 129 anggota. Sehingga, total luas plasma telah dibangun seluas 566,80 hektar dengan jumlah peserta 290 anggota.


“Alhamdulilah masing-masing kepemilikan plasma tersebut semuanya sudah bersertifikat hak milik (SHM),”terangnya.


Dijelaskan, PT GSSL sampai dengan saat ini telah memiliki HGU tahap pertama seluas 2032,7686 hektar. Selanjutnya tahap kedua yang saat ini sedang berproses di Kementrian BPN seluas 755,2078 hektar.


Selain itu, PT GSSL telah melakukan berbagai program CSR antara lain pemberian 1 unit mobil lavatory lengkap beserta fasilitasnya kepada Pemkab Mura tahun 2018 lalu. Kemudian ada juga bantuan biaya pembangunan masjid Nurul Iman Desa Batu Bandung Tahun 2019, pemberian bantuan biaya pendidikan Unmura Tahun 2020, Bantuan penanggulangan Covid-19, pemberian bantuan banjir kepada masyarakat Desa Muara Lakitan.


Selanjutnya, peningkatan jalan Desa cor beton bertulang sepanjang 193 meter, lebar 4 meter, tebal 15 cm di Desa Simpang Gegas Tahun 2022. Termasuk peningkatan jalan Desa Muara Kati Baru 1 cor beton bertulang sepanjang 70 meter serta peningkatan jalan Desa SP1 Trans Subur cor beton sepanjang 300 meter serta perbaikan jalan-jalan Desa. (ica/adv)

Share:

Comments



Blog Archive