Cepat Tepat dan Akurat




Wednesday, June 12, 2024

Polres Musi Rawas Gelar Khitanan Massal dan Penanganan Stunting Gratis, Sambut Hari Bhayangkara Ke-78


MUSI RAWAS,PWO-Polres Musi Rawas (Mura), bersama Polsek jajaran dan bekerjasama Dinas Kesehatan Mura, menggelar kegiatan Bakti Kesehatan (Bakkes), berupa Khitanan Massal dan Pelayanan Penanganan/Pencegahan Stunting.


Kegiatan Khitanan Massal dan Pelayanan Penanganan/Pencegahan Stunting, ini digelar dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78, yang jatuh pada, 1 Juli mendatang dan dipusatkan di Mapolsek Tugumulyo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, Rabu (12/6/2024).


Kegiatan sosial dalam bentuk kesehatan ini dibuka dan diresmikan oleh, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, diwakilkan, Kabag Ops, Kompol Tony Saputra SIK, Kabag Ren, Kompol Diaz Oktora SH, Kapolsek Tugumulyo, AKP Dedy Purnomo, Danramil Tugumulyo, Kapten Maryono 

Sekretaris Dinkes Mura, Edwar Yulizar, para kapolsek jajaran dan perwakilan camat di Kabupaten Mura.


Selain itu, dihadiri juga, seluruh pengurus Bhayangkari Cabang dan Ranting Musi Rawas, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menerima pelayanan khitanan massal dan pelayanan penanganan/pencegahan stunting.


Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, anak-anak yang dikhitani diberikan bingkisan serta uang saku, kemudian untuk balita yang mendapat pelayanan penanganan/pencegahan stunting, juga diberikan bingkisan berupa susu, makanan serta vitamin.


Dalam sambutannya, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, melalui Kabag Ops, Kompol Tony Saputra SIK, mengatakan kegiatan Bakkes berupa Khitanan Massal dan Pelayanan Penanganan/Pencegahan Stunting, ini digelar dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78, yang jatuh pada, 1 Juli mendatang.


"Melalui kegiatan ini, salah satu bentuk upaya kepedulian Polres Mura, Polsek Tugumulyo, beserta polsek jajaran, kepada masyarakat dalam bentuk Khitanan Massal dan Pelayanan Penanganan/Pencegahan Stunting secara gratis," kata Kabag Ops


Kabag Ops menjelaskan, untuk diketahui khitanan massal ini Polres Mura dan Dinkes Mura, mempunyai puluhan kuota anak terbagi dalam masing-masing desa disetiap wilayah hukum Polres Mura, namun nantinya apabila ada penambahan akan diusulkan dan dilanjutkan pihak Dinkes Mura.


Dengan, dilakukan khitanan massal ini, kesehatan anak-anak bisa lebih terjamin sehingga dalam melaksanakan kegiatan/aktifitas sehari-sehari bisa lebih baik, selain itu anak-anak ini merupakan calon pemimpin masa depan, maka dari itu berpesan tolong dijaga dalam kegiatan/aktifitas sehari-hari.


"Dan berpesan kepada orang tua, nantinya saat proses sunatan tolong didampingi anak-anaknya, karena yang tahu karakter anaknya, ibu-ibu dan bapak-bapak itu sendiri," jelas Kabag Ops


Lebih lanjut, Kabag Ops menjelaskan, mengenai Pelayanan Penanganan/Pencegahan Stunting, ini merupakan program pemerintah pusat, artinya disetiap daerah harus bersama-sama berjibaku untuk mengentaskan permasalahan stunting khusunya diwilayah Kabupaten Mura.


"Jadi, artinya silakan kepada pemerintah disetiap kabupaten daerah, termasuk Polri dan TNI, untuk membuat program dengan tujuan untuk mengentaskan stunting. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinkes, pemda dan Danramil Tugumulyo, Kapten Maryono, semoga kegiatan ini sebagai amal jariyah bagi kita semua," jelasnya


Sementara itu, Sekretaris Dinkes Mura, Edwar Yulizar mengatakan sebelumnya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara Ke-78. Pastinya kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, berkat kerjasama antara Polres Mura, Polsek Tugumulyo, dengan Dinkes Mura. 


"Seperti dikatakan oleh, Bapak Kabag Ops, Kompol Tony Saputra SIK, stunting program nasional bersama-sama, mengentaskan kasus stunting, agar anak bisa tumbuh, kembang dengan baik," tuturnya.


Sementara itu, Kapolsek Tugumulyo, Iptu Dedy Purnomo, mengatakan bahwa sampai saat ini hingga berakhirnya pelaksanaan kegiatan, hampir lebih kurang 50 anak yang di khitan secara massal dan sekitar 50 balita dilakukan pengecekan sekaligus pelayanan pencegahan stunting.


"Pastinya kegiatan ini berjalan dengan aman lancar dan tertib, selain itu, antusias masyarakat cukup tinggi dengan adanya kegiatan ini," tutupnya. (ica/rls)

Share:

Comments



Blog Archive