Cepat Tepat dan Akurat




Tuesday, July 18, 2023

Bupati Musirawas: Pastikan MPLS Berjalan Baik dan Menyenangkan Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar

MPLS TK NEGERI PEMBINA

Musirawas,PWO-Sebagai mana diketahui, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) digelar di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga SMK seiring dengan dimulainya tahun ajaran baru 2023/2024.

Memastikan MPLS berjalan dengan baik dan menyenangkan, Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud meninjau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di TK Negeri Pembina Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, Senin (17/7/2023).

Tak hanya sebagai wadah untuk mengenalkan sekolah kepada siswa, MPLS di PAUD dan TK dapat menjadi sarana peserta didik untuk mengenal satu sama lain.

Turut mendampingi Bupati, Supriyadi, Camat Kecamatan Muara Beliti, Lastri, Bunda PAUD Kecamatan Muara Beliti, Tim Penggerak PKK Kecamatan Muara Beliti, Hj Rita M, Ketua Pokja PAUD, Sarweni dan rombongan.

Kepala Sekolah TK Negeri Pembina, Meilia Oktarida,M TPd sangat mengapresiasi Bupati Musirawas beserta rombongan.

"Saya sangat mengapresiasi Bupati Hj Ratna Machmud dan dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan kepedulian Bupati Musirawas terhadap dunia pendidikan,"ujar Meilia Oktarida Selasa (18/7/2023).

Dikatakan, kegiatan MPLS 2023 PAUD-TK diselenggarakan sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru.

Hal yang dikenalkan meliputi program, sarana prasarana, kegiatan ekstrakurikuler sampai dengan tata tertib dan kultur yang berlaku di sekolah.

"Tak hanya sebagai wadah untuk mengenalkan sekolah kepada siswa, MPLS di PAUD dan TK dapat menjadi sarana peserta didik untuk mengenal satu sama lain",ucap Meilia

Ia menambahkan, Guru sebagai penyelenggara MPLS PAUD dan TK memiliki kebebasan untuk meramu dan mengkreasikan materi yang menyenangkan sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar.

Meski demikian, terdapat sejumlah materi inti yang wajib dijadikan referensi bagi guru selaku penyelenggara MPLS PAUD dan TK, diantaranya:

Mengenal nilai agama dan budi pekerti,  Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar, keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi dengan teman

Hal ini bisa menjadi segmen menyenangkan, karena setiap ekstrakurikuler bisa dipromosikan kegiatannya melalui penampilan yang meriah.

Selain itu, demikian Meilia, kita juga dapat mengadakan Permainan Edukatif dan Menarik seperti tebak kata, tebak gambar atau permainan lain yang disukai anak-anak.(ica)

Share:

Comments



Blog Archive