Cepat Tepat dan Akurat




Tuesday, July 4, 2023

Destinasi Danau Ranau, Wisata Alam Nan Memukau


Portal Wacana Online-Kalau jalan-jalan ke Sumatera Selatan, tentunya wajib berkunjung ke kota Palembang. 

Selain bisa melihat Jembatan Ampera yang terkenal, tak lupa untuk mencoba pempek khas Palembang yang menggugah selera.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke sejumlah tempat wisata alam di Sumatra Selatan, salah satunya adalah Danau Ranau. 

Di sini, kamu bisa merasakan udara segar sambil melihat pemandangan alam yang menakjubkan.

Lantas, apa saja sih daya tarik dari Danau Ranau? Lalu bagaimana akses menuju ke sana? 

Simak pembahasannya: Danau Ranau memang masih kalah populer dengan Danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Meski begitu, danau yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Daya tarik utama dari Danau Ranau adalah pemandangan alamnya yang indah. Dari tepi danau, kita bisa melihat langsung Gunung Seminung yang hijau oleh pepohonan. Udara di Danau Ranau juga sejuk, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai.

Sebagai informasi, Danau Ranau termasuk salah satu danau terbesar kedua di Sumatera, setelah Danau Toba. Danau Ranau memiliki luas mencapai 125,9 km persegi dengan titik terdalam mencapai 174 meter.

Luas danau tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mendirikan sejumlah tempat wisata seru yang ramah keluarga. 

Misalnya, menyediakan tur keliling danau dengan perahu motor atau mendirikan sejumlah rumah makan di pinggir danau.

Pada umumnya, wisatawan yang datang ke sini bertujuan untuk liburan sembari menikmati suasana alam. Maka dari itu, banyak sekali wisatawan yang datang ke Danau Ranau bersama keluarga, saudara, atau dengan teman-teman.

Selain menikmati keindahan alam yang mempesona, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Danau Ranau.

1. Taman Rekreasi untuk Anak-anak

Ada sejumlah taman rekreasi di tempat wisata Danau Ranau yang cocok untuk anak-anak, seperti flying fox, kolam renang, dan taman bermain. Jadi, kamu juga bisa seru-seruan bareng si kecil sembari berswafoto.

2. Menaiki Perahu

Warga sekitar menyewakan jasa sewa perahu untuk berkeliling Danau Ranau. Nantinya, kita akan diajak mengelilingi Danau Ranau sambil merasakan gemercik ombak dan airnya yang dingin serta udara yang sejuk.

3. Banyak Spot Foto

Bagi yang senang berfoto ataupun selfie dan diunggah ke media sosial, di Danau Ranau banyak sekali spot foto yang menarik. 

Umumnya, wisatawan yang datang mengabadikan momen dengan berfoto di tepi danau dengan latar belakang Gunung Seminung.

4. Berkunjung ke Bukit Mutiara Garden

Kalau ingin menikmati keindahan alam Danau Ranau dengan cara yang berbeda, cobalah datang ke Bukit Mutiara Garden. 

Dari sini, kita bisa melihat luasnya Danau Ranau dari atas bukit. Kalau cuaca sedang cerah, kamu juga bisa melihat Gunung Seminung serta langit biru.(*/Ica)

Share:

Comments



Blog Archive