Cepat Tepat dan Akurat




Monday, July 24, 2023

Makanan Khas Palembang yang Tak Kalah Enaknya dari Pempek

Laksan

Jalan-jalan ke Sumatera Selatan tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Palembang. Kuliner dari kota Ampera terkenal dengan ciri khasnya yang memakai bumbu, rempah, dan ikan sebagai bahan baku utama olahan makanan. 

Salah satu makanan khas Palembang yang populer di Indonesia adalah pempek yang memiliki gizi dan protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, Palembang juga menyimpan camilan lezat dan manis yang harus kamu coba saat berada di sana.

Berikut adalah makanan khas Palembang yang tidak boleh kamu lewatkan:

Tekwan: 

Makanan khas Palembang lainnya yang tak kalah enaknya dengan pempek adalah tekwan. Tekwan sering disebut dengan bakso dari Palembang karena bentuk adonannya yang kecil-kecil seperti bakso ikan. Saat diberi kuah kaldu udang yang hangat, tekwan terlihat sangat menggiurkan. 

Tekwan biasanya dipadukan dengan mie putih, potongan jamur kuping, bawang goreng, dan juga irisan bengkoang.

Tekwan

Mie Celor: 

Apakah kamu salah satu pencinta mie? Kuliner khas Palembang ini bisa jadi rekomendasi makanan saat berada di Palembang. Mie celor adalah hidangan yang disuguhkan dengan kuah santan ebi dengan tambahan telur, tauge, udang, dan kucai.

Laksan: 

Laksan terbuat dari tepung sagu dan ikan yang disajikan dengan kuah santan berwarna merah. Makanan khas Palembang ini memiliki bentuk lonjong dan rasanya mirip dengan pempek.

Model: 

Makanan khas Palembang selain pempek selanjutnya yaitu model yang adonannya diisi dengan tahu. Model terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan diberi kuah udang setelah model digoreng terlebih dahulu.

Pindang Patin: 

Pindang patin menjadi pilihan utama untuk dicoba ketika wisatawan Indonesia mengunjungi Palembang. Bahan baku utama pindang patin yaitu ikan patin yang sudah dimasak dengan rempah-rempah khas Palembang. Kuah dari pindang patin terdiri dari manis, pedas, dan asam. Selain memiliki rasa gurih, pindang patin lebih enak disajikan saat masih hangat.

Es Kacang Merah: 

Hidangan es kacang merah dapat menyegarkan tubuh dan cocok dinikmati di tengah teriknya matahari. Bintang utamanya yaitu kacang merah yang dipadukan dengan es dan santan.

Roti Koing: 

Selain pempek dan tekwan, makanan khas Palembang berikutnya adalah roti koing. Roti yang memiliki rasa tawar ini biasanya dimakan dengan cara merendam roti dalam minuman hangat seperti teh atau kopi.

Kue Delapan Jam: 

Nah, kalau mencari oleh-oleh Palembang kamu bisa beli kue delapan jam. Kue ini memiliki rasa yang manis dan legit yang bisa membuat kamu ketagihan. Kue delapan selai diolah dengan mencampurkan telur, gula, susu kental manis, dan mentega. Kemudian dipanggang selama 8 jam agar kue matang dengan sempurna.

Pindang Tulang: 

Tak hanya pindang patin, makanan khas Palembang yang populer selanjutnya yakni pindang tulang. Rasa dari kaldu pindang tulang sangat lezat karena berasal dari tulang sapi. Paduan rasa asam dan pedas di mulut dapat menambah nafsu makan. Sumsum tulang sapi juga dihadirkan ke dalam hidangan ini yang disajikan dengan irisan sayur dan tomat untuk menambah rasa gurih.

BACA JUGA :

Lempok Durian :

Lempok durian adalah jajanan khas Palembang dengan bahan utama durian. Dodol ini terbuat dari daging buah durian, gula, dan garam yang dimasak dengan api kecil sambil diaduk terus menerus sampai mengental. Setelah dingin, kamu bisa mencetaknya seperti bentuk adonan dodol. Lempok durian termasuk salah satu cemilan yang mudah dibuat.

Itulah beberapa makanan khas Palembang yang patut kamu coba saat berada di kota ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner lezat dan unik dari Palembang yang akan meninggalkan kenangan manis selama liburanmu di Sumatera Selatan (*)

Share:

Comments



Blog Archive