Cepat Tepat dan Akurat




Friday, July 28, 2023

Tradisi Sedekah Bumi dan Pagelaran Wayang Kulit Warnai HUT ke-85 Desa G1 Mataram

HUT ke 85 Desa G1 Mataram

Musirawas,PWO- Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan Hj. Suwarti menghadiri Doa Bersama dan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk dalam Rangka Sedekah Bumi dan Hari Jadi Desa G1 Mataram Ke-85, di Lapangan Desa G1 Mataram Kecamatan Tugumulyo, Kamis (27/7/2023).


Dalam sambutannya Wabup mengatakan, sedekah bumi ini merupakan tradisi turun temurun atau warisan budaya nenek moyang khususnya di wilayah Kabupaten Musi Rawas sebagai wujud keharmonisan antara manusia dengan alam. Selain itu, wujud syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa. 



Dikatakan, Tradisi Sedekah Bumi merupakan wujud kebersamaan dan gotong-royong dalam masyarakat. Selain itu, kata Wabub, tradisi ini juga mengajarkan nilai-nilai keagamaan dan penghormatan terhadap alam serta penciptanya. 


Meskipun tradisi ini banyak dilakukan di pulau Jawa, namun adat dan kebiasaan serupa juga dapat ditemukan di daerah-daerah lain di Indonesia dengan nama yang berbeda.


“Saya berharap pagelaran wayang kulit ini bisa menjadi tontonan dan tuntunan untuk menjaga kerukunan dan kondusifitas daerah, kegiatan ini harus selalu menjaga tradisi budaya dan melestarikannya,” kata Wabup. 


Wabup juga menyampaikan apresiasinya dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Mataram atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap kegiatan sedekah bumi dan pagelaran kesenian wayang kulit ini untuk terus dilestarikan agar tidak hilang digerus dengan perkembangan zaman. 


Disisi lain, Wabup juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian budaya seperti sedekah bumi dan kegiatan pelestarian budaya lainnya. 


Dalam acara ini turut hadir Camat Tugumulyo, Anggota DPRD Musi Rawas, Kapolsek Tugumulyo, Danramil Tugumulyo, Kepala Desa se-Tugumulyo, Tokoh Adat, Tokoh Agama, serta warga masyarakat Desa Mataram.(*)

Share:

Comments



Blog Archive