Cepat Tepat dan Akurat




Saturday, November 25, 2023

Meriahkan Hari Guru, TK Amanda Kids Gelar Lomba Mewarnai


 Musirawas,PWO-Memperingati Hari Guru Nasional ke 78 yang jatuh pada tanggal 25 November, Taman Kanak-kanak (TK) Amanda Kids Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musirawas menggelar acara lomba mewarnai mamamia.


Acara yang berlangsung dihalaman TK Amanda Kids, Jumat, (24/11/2023) itu dihadiri oleh Bunda Paud Kecamatan Muara Beliti, Lastri Supriadi yang didampingi pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, Hj Sri Astuti, SPd.


Kepala Sekolah TK Amanda Kids, Nelly Susyanti, SH mengatakan, Hari Guru Nasional tidak hanya menjadi wadah untuk menghargai pengabdian para pendidik, tetapi juga mencerminkan rasa syukur terhadap jasa guru dalam membangun pondasi pendidikan bangsa


Dikatakan, Hari Guru Nasional adalah saat yang tepat untuk menyatakan komitmen kita pada pendidikan inklusif dan berkualitas. 


"Kita harus memastikan bahwa setiap anak, tanpa memandang latar belakang atau kondisi, mendapatkan haknya untuk mendapat pendidikan yang berkualitas",ujarnya


Menurut Nelly, sistem pendidikan yang merata, adil, dan memberdayakan setiap generasi merupakan tanggungjawab kita bersama.


Sementara itu, Bunda PAUD Kecamatan Muara Beliti, Lastri Supriadi dalam kesempatan itu mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional. 


"Hari yang istimewa ini memberikan kita kesempatan untuk merayakan kreativitas dan inovasi para guru. Kita perlu memberikan dukungan dan ruang kepada guru-guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang inovatif, memotivasi siswa, dan merangsang minat mereka dalam pembelajaran. Inovasi guru adalah kunci menuju pendidikan yang dinamis dan relevan",ujar Lastri Supriadi.


Ia mengatakan, Hari Guru Nasional mengingatkan kita akan peran sentral guru sebagai agen perubahan sosial dan karakter bangsa. Guru bukan hanya pengajar, tetapi juga pembentuk karakter. 


"Mari kita apresiasi guru-guru yang berdedikasi dan bersama-sama kita tekankan pentingnya pembentukan karakter dalam kurikulum pendidikan kita",ajaknya


Hari yang luar biasa ini, demikian Lastri, memberikan kesempatan kepada kita untuk merayakan peran guru dalam membentuk masa depan bangsa. Guru adalah pilar pendidikan, dan kita berkomitmen untuk membangun generasi yang unggul melalui guru yang berkualitas. 


Melansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hari Guru Nasional bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945. 


Sebelum berubah menjadi nama PGRI, pada tahun 1912, organisasi ini masih bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). PGHB didirikan sebagai wadah bagi semua kepala sekolah, guru desa, guru bantu, hingga perangkat sekolah lainnya. 


Pada tahun1932, PGHB mengubah namanya menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pada saat itu, Belanda sebagai negara penjajah, tidak menerima unsur nama “Indonesia” dalam PGI karena dianggap sebagai sebuah ancaman untuk mereka. 


Pada jaman penjajahan Jepang, PGI dilarang untuk melakukan aktivitas. Namun pasca proklamasi kemerdekaan, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 24 – 25 November 1945.(ica)

Share:

Comments



Blog Archive