Cepat Tepat dan Akurat




Sunday, April 28, 2024

PAD Sektor Wisata Musirawas Over Target


Musirawas,PWO-Membanggakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan baru berjalan beberapa bulan sudah over target.


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten  Musi Rawas, H Fetbon Taufik Hidayat kepada portalwacanaonline.com


"Alhamdulillah, untuk target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata  cukup menggembirakan pada tahun ini. Dalam hitungan cuma berapa bulan, PAD sektor wisata sudah Over Target dari yang ditetapakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dalam hal ini BPPRD,"ujar H Fetbon, Minggu (28/4/2024)


Dikatakan, tingginya antusias masyarakat yang berkunjung ke objek wisata sampai saat sekarang sudah hampir diangka 15 ribuan pengunjung. Harapan kami sampai dengan akhir tahun 2024 ini akan terus bertambah.

Semua ini tidak terlepas dari kerja keras ibu Bupati Hj. Ratna Machmud yang terus menekankan untuk berupaya agar PAD dari sektor wisata menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya pada saat launcing kemarin. 


"Kita akan buktikan setelah launcingnya  obyek wisata Danau Aur, PAD sektor wisata akan meningkat," kata Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud saat menyampaikan kata sambutan ketika gelaran acara launching. Harapan dan ucapan Bupati Hj Ratna Machmud itu terbukti. 


Menurut H Fetbon, walaupun ada 14 objek wisata yang ditargetkan untuk menghasilkan PAD sesuai dengan Perda No 07 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, baru Objek Wisata Danau Aur yang bisa menyumbang PAD.


Berkat kerja keras Bupati Musirawas melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, objek wisata Danau Aur sudah memenuhi persyaratan 3A yang lengkap yaitu Aksebilitas, Amenitas dan Atraksi yang sudah terpenuhi sehingga layak untuk ditarik Retribusi.


Harapan kita, demikian H Fetbon,  kedepan semua destinasi wisata yang ada yaitu 14 objek wisata nantinya akan dapat menyumbangkan PAD bagi Kabupaten Musi Rawas.


Untuk itu, kita dituntut kerja keras untuk membangun objek wisata. Perlu anggaran yang cukup besar, tidak cukup hanya mengandalkan APBD tapi akan kita usahakan untuk diusulkan melalui Dana Provinsi ataupun Dana Pusat yang bersumber dari APBN atau Dana Alokasi Khusus (DAK) seperti yang sudah kita lakukan untuk Danau Aur memakai DAK Bidang Wisata Tahun Anggaran 2023.


Semua ini merupakan kerja keras Ibu Bupati Hj.Ratma Machmud yang mana beliau yang telah paparan langsung serta menyakinkan pemerintah pusat agar DAK sektor wisata dapat diturunkan di Kabupaten Musi Rawas.


Selain kabar mengembirakan terkait PAD yang sudah Over Target Pasca Lebaran kemaren memang menyisahkan beberapa  permasalahan seperti sampah dan hampir setiap tahun juga infrastrukrur pendukung banyak yang rusak.

Alhamdulillah untuk sampah kemarin sudah kita kerahkan petugas memakai perahu untuk memunguti sampah sampai 20 an karung sampah plastik yang kita ambil sedangkan untuk infrastruktur yang perlu perbaikan kemaren kita sudah rapat dengan memanggil pihak kontraktor, konsultan,  OPD teknis dalam hal ini DPUCK dan Pengairan serta tim teknis dari Disbudapar sendiri.


Dimana hasil dari rapat, kerusakan sudah ada yang selesai diperbaiki dan ada juga bagian bagian tertentu yang akan segera diperbaiki pihak rekanan karena masih memesan barang dan dalam waktu cepat ini  semua akan diselesaikan sehingga pengunjung akan mendapatkan pelayanan yang prima dan akan lebih nyaman untuk berwisata di Danau Aur.


H Fetbon Taufik Hidayat mengatakan, pengelolaan objek wisata harus terus ditingkatkan. Namun demikian upaya pengembangan destinasi wisata tetap sesuai prinsip pengelolaan pariwisata. (ica)

Share:

Comments



Blog Archive